Cari di blog ini

Links

Followers

08 Mei 2008

Cara Hemat BBM dengan Memperhatikan RPM

Tekanan kenaikan harga minyak dunia tampaknya makin memperbesar kemungkinan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Kita harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam jika akhirnya opsi pahit itu yang harus diambil demi menyelamatkan anggaran negara.

Tekanan kenaikan harga minyak dunia tampaknya makin memperbesar kemungkinan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Kita harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam jika akhirnya opsi pahit itu yang harus diambil demi menyelamatkan anggaran negara. Sebagai pengendara sekaligus warga negara yang baik, banyak langkah yang dapat kita lakukan. Diantara nya adalah gaya berkendara yang hemat BBM.


Salah satu cara membuat konsumsi BBM yang efisien adalah melakukan pergantian gigi (transmisi) yang tepat, yaitu pada saat mesin mencapai torsi maksimum (momen maksimum).
Karena itu, pertama adalah perhatikan data teknis mobil Anda. Lihat keterangan mengenai Torsi Maksimum (torque maximum). Manual book memuat keterangan mengenai data ini. Biasanya, tertulis dengan satuan feet/lbs, feet-pounds, atau Newtonmeter (Nm). Masing-masing mesin memiliki torsi maksimum yang berbeda. Biasanya, angka torsi (momen) selalu dikaitkan dengan angka putaran mesin (RPM).

Contoh, data teknis pada manual book tertulis torque maximum: 200Nm/3750rpm. Ini berarti momen tertinggi sebesar 200Nm terjadi pada saat mesin berputar sebanyak 3750 per menit.

Pada contoh ini, berarti sebaiknya kita melakukan perpindahan gigi ketika rpm menunjukkan kisaran angka 3750. Angka RPM dapat dilihat di tachometer yang berada pada dashboard mobil.

Angka RPM di tachometer juga penting kita perhatikan tidak hanya saat pergantian gigi ke posisi yang lebih tinggi. Untuk mengefektifkan konsumsi BBM, saat melaju di jalan pertahankanlah putaran mesin pada kisaran torsi maksimum tersebut. Karena, pada saat itulah supply BBM sangat sesuai dengan output yang dihasilkan mesin dan tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil.

AstraWorld`ers, selamat menerapkan tips di atas. Dan sebagai komitmen kami untuk memberikan yang terbaik buat Anda pelanggan Tips & Trick, kami mohon masukan tema, topik bahasan atau usulan kegiatan. Masukan Anda dapat disampaikan melalui email ke customerservice@astraworld.com.

(Astraworld)
Sumber: http://www.astraworld.com/mod/tips/index.asp?id=2008031813300017

Komentar :

ada 0 komentar ke “Cara Hemat BBM dengan Memperhatikan RPM”

komentar

Advertisers

adsense



 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga LP * modified by eka DOT